Apa saja gejala yang dialami ketika gusi bernanah?

Sebelum timbul adanya nanah, selalu ada gejala-gejala yang tak begitu menyenangkan yang dirasakan oleh penderita. Apa saja gejala yang dialami ketika gusi bernanah?

Serangkaian gejala yang dialami ketika gusi bernanah:

  1. Sakit Gigi
    Sakit pada gigi ini adalah denyutan yang tak kunjung reda, meski masalah ada pada gusi, namun ini juga akan memengaruhi gigi Anda. Ketika makan adalah yang paling terasa rasa sakit tersebut karena saat mengunyah, ada tekanan yang diberikan pada gusi dan gigi sehingga rasa sakitnya bertambah.

  2. Sensitivitas Gigi Bertambah
    Bila biasanya gigi Anda biasa saja saat menikmati makanan yang panas, kali ini sensitivitas gigi akan meningkat. Terhadap panas, gigi akan menjadi lebih sensitif dan ini yang malah menjadi faktor pemicu rasa nyeri yang bedenyut-denyut. Hal ini akan terasa makin sakit ketika Anda tengah menikmati makanan atau minuman Anda sehingga menyebabkan malas untuk makan.

  3. Demam
    Demam pun bisa terjadi ketika terjadi masalah kesehatan gigi dan gusi. Saat sensitivitas gigi meningkat dan rasa nyeri terus-terusan muncul, demam pun pada beberapa kasus tak terelakkan. Demam memang bisa terjadi di kala seseorang menderita flu atau masuk angin, namun jelas bila gigi terasa sakit dan tak beres, demam ini ada kaitannya dengan kondisi tersebut.

  4. Pembesaran Kelenjar Getah Bening
    Terletak di bawah rahang, gusi bernanah pun mampu menimbulkan gejala pembengkakan kelenjar getah bening, atau bisa juga pembengkakan terjadi di area leher. Bengkak tersebut akan diikuti dengan rasa sakit. Pembesaran kelenjar getah bening memang tak melulu menandakan adanya kondisi gusi bernanah, tapi tak ada salahnya untuk mengecek kesehatan gigi.

  5. Sakit pada Area Sinus
    Area sinus pun dapat teracam mengalami rasa sakit, dan ini akan terasa di bagian pipi depan yang sangat dekat dengan hidung Anda. Menuju kondisi yang lebih serius, hal ini bisa saja terjadi dan bila sampai terasa tak nyaman, langsung periksakan gigi Anda sebelum lebih parah.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/penyakit-gigi-dan-mulut/gusi-bernanah