Apa saja gangguan kesehatan gigi anak pada masa peralihan dari gigi susu ke gigi tetap?

Apa saja jenis ketidaknormalan atau gangguan kesehatan gigi yang terjadi pada anak? terutama pada masa peralihan?

http://www.suara-islam.com/images/berita/gigianak_20160315_213516.jpg

a. Gigi berlubang ( karies gigi )
Karies gigi adalah penyakit pd gigi yg disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

  1. Bakteri, yang terdpt dalam plak, lapisan tipis , transparant dan mengandung banyak bakteri. Bakteri akan mengubah zat gula yg terdapat didalam makanan menjadi asam yang akan melarutkan lapisan email gigi.

  2. Makanan yang mengandung gula. Makanan manis yg mengandung sukrosa dan bersifat lengket atau sulit dihilankan dari gigi yang paling berpotensi merusak gigi.

  3. Gigi yang rentan. Permukaan gigi yg rapuh, tipis dan yang tidak rata seperti gig geraham akam lebih mudah dilekati oleh plak

  4. Waktu yang lama. Karies dapat terjadi jika asam yg dihasilkan oleh bakteri bersentuhan dengan permukaan gigi dalam waktu yg lama.
    Jika keempat faktor tsb ada pada saat yg bersamaan maka karies akan terjadi.
    Karies terjadi mulai dari lapisan terluar dari gigi yi lapisan email, kalau tidak segera dirawat akan menyebabkan kelainan lebih lanjut ke lapisan yag lebih dalam yang mengandung pembauluh darah dan pembuluh syaraf bahkan dapat berlanjut kearah infeksi gigi.

b. Kelainan jaringan penyangga gigi
Penyakit jaringan penyangga gigi adalah kelainan yg mengenai jaringan pemegang gigi seperti gusi dan tulang2 disekitar gigi. Kelainan ini juga disebabkan terbentuknya plak didaerah leher gigi yang kemudian akan mengeras dan membentuk karang gigi yang akan merusak gusi. Kelainan ini ditandai dengan gusi yg mudah berdarah, kemerahan , goyang dan lama kelamaan menyebabkan gigi goyang.\

c. Kelainan susunan gigi geligi
Kelaianan ini berhubungan dengan pertumbuan dan perkembangan gigi dan tulang rahang.

Source : alodokter.com