Apa saja efek pemakaian gigi palsu?

dental_restoration-300x270

Jika gigi asli Anda mengalami masalah sehingga tanggal atau harus dicabut, gigi palsu menjadi pilihan bagi Anda yang tidak ingin terlihat ompong. Banyak orang yang belum menyadari bahwa gigi asli yang telah hilang dan dibiarkan begitu saja akan memperbesar resiko terjadinya gangguan bagi kesehatan gusi dan gigi itu. Salah satu gangguan yang mungkin muncul adalah gigi kehilangan fungsi mekaniknya sebagai pengunyah makanan, atau berbagai gangguan lain bagi kesehatan. Namun, penggunaan gigi palsu juga memiliki efek samping bagi kesehatan gigi dan mulut. Apa saja itu?

Infeksi
Infeksi atau terjadinya peradangan pada gusi, akan mengakibatkan rasa nyeri yang sangat sakit. Pembusukan pada gusi ini bisa disebabkan kesalahan pemilihan bahan gigi palsu. Penggunaan gigi palsu permanen hanya boleh menggunakan bahan baku gigi palsu yang mutunya sangat baik.

Nyeri
Rasa nyeri bisa muncul karena infeksi gusi akibat kesalahan pemilihan bahan atau penggunaan gigi palsu lekatan dengan sistem tanam yang memiliki kualitas tulang gigi yang sudah sangat tipis, sehingga mengenai syaraf gigi dan mengakibatkan nyeri.

Tertelan
Tertelannya gigi palsu sistem lekatan bisa terjadi jika mutu lem atau semen gigi yang digunakan tidak terlalu baik sedangkan gigi sebelahnya atau gigi yang dipasangi lem juga telah mengalami kerusakan. Tertelannya gigi palsu bisa terjadi saat pengguna sedang tidur.

Mudah Lepas
Gigi palsu lepasan sebagian atau keseluruhan mungkin saja terlepas saat digunakan untuk menggigit makanan yang terlalu kenyal atau lengket. Hal ini bisa saja disebabkan oleh mutu lem gigi lepasan sebagian atau keseluruhan yang kurang baik.