Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sakit gigi?

sakit-gusi

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh semua orang dan sama sekali tidak berhubungan dengan tingkat usia. Sakit gigi sering menyebabkan rasa sakit yang sangat parah karena bakteri yang menyerang pada bagian yang sakit. Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sakit gigi?

Berikut ini adalah berbagai jenis obat sakit gigi paling ampuh yang bisa anda gunakan :

  1. Minyak Cengkeh
    Minyak cengkeh bisa membantu mengatasi bahaya gigi berlubang jika dibiarkan. Minyak cengkeh yang dihasilkan dari minyak pohon cengkeh maupun daging buah cengkeh,memiliki efek menenangkan. Efeknya bagian yang sakit akan menjadi lebih nyaman dan mengurangi rasa sakit secara berkala. Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang akan menjadi obat penenang. Cara perawatan ini dilakukan dengan memberikan minyak cengkeh secara langsung ke bagian gigi yang sakit. Anda juga bisa membuat bola kapas kecil yang kemudian dicelupkan ke dalam minyak cengkeh. Masukkan bola kapas tadi ke bagian yang sakit dan tahan selama beberapa menit.

  2. Teh Daun Mint
    Teh daun mint juga bisa membantu mengatasi sakit gigi karena berbagai sebab. Caranya adalah dengan membuat larutan dari satu sendok daun mint yang sudah dikeringkan. Kemudian rebus dengan satu gelas air minum hingga mendidih. Setelah itu angkat dan dinginkan. Segera setelah dingin Anda bisa menggunakan air ini untuk membilas mulut selama beberapa kali. Agar efeknya semakin baik maka Anda juga bisa minum teh daun mint. Ini. Anda bisa melakukan perawatan ini selama beberapa kali dalam sehari.

  3. Hidrogen Peroksida
    Bahan hidrogen peroksida juga bisa membantu mengatasi sakit gigi. Caranya adalah dengan melarutkan satu sendok bahan hidrogen peroksida ke dalam satu gelas air mineral. Kemudian gunakan untuk berkumur selama sekitar 20 hingga 30 detik. Cara ini akan membantu mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang atau radang gusi. Hidrogen peroksida adalah bahan yang bisa membantu membunuh bakteri , mengurangi peradangan dan menjaga agar bakteri baik tetap ada dibagian rongga mulut.

  4. Kompres dengan Teh Hitam
    Teh hitam adalah salah satu obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi. Cara ini bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Anda bisa mengambil jenis teh hitam celup yang dibungkus dengan kantong putih. Kemudian basahi kantung teh hitam dengan air hangat. Setelah itu gunakan secara langsung untuk mengompres pada bagian gigi yang sakit. Manfaat teh hitam untuk mengatasi sakit gigi adalah karena mengandung tanin yang bisa mengatasi peradangan. Efeknya juga sangat baik untuk membantu mengatasi pembengkakan pada bagian gusi dan pipi. (baca juga: bahaya minum teh bagi kesehatan – bahaya es teh manis bagi kesehatan)

  5. Kompres dengan Es Batu
    Jika Anda merasakan sakit gigi yang sangat buruk maka bisa mencoba menggunakan es batu. Caranya adalah dengan mengompres bagian yang sakit dengan es batu. Pertama Anda bisa mengambil es batu yang kecil-kecil kemudian masukkan dalam kantong plastik lalu bungkus lagi dengan kain yang lembut. Setelah itu tempelkan pada bagian pipi yang berdekatan dengan bagian gigi yang sakit. Es akan membantu syaraf di sekitar bagian gigi menjadi mati rasa atau tenang. Kemudian selama beberapa saat maka bisa membantu menenangkan bagian gigi yang sakit.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/penyakit-gigi-dan-mulut/obat-sakit-gigi