Apa saja bukit-bukit yang menawan di Banjarmasin?

Jika saya ingin menyusuri bukit-bukit yang ada di Banjarmasin, maka bukit mana saja yang dapat menjadi destinasi wisata utama untuk saya?

Berikut 3 bukit menawan yang dapat menjadi destinasi utama di Banjarmasin:

1. Bukit Lebak Naga


Bukit Lebak Naga yang terletak di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut ini memang lagi ramai-ramainya diperbincangkan di sosmed. Sudah banyak sekali muda-mudi yang mem-posting tempat ini ke Instagram atau media lainnya. Maka tak heran kalau tempat ini menjadi primadona dadakan yang selalu dipenuhi oleh wisatawan. Ya, bukit ini mempunyai view yang bagus, terdiri dari rumput-rumputan nan hijau dan pemandangan pantai serta pulau datu yang terlihat dari puncak bukit. Udaranya pun cukup sejuk, bahkan kawasan ini juga sering diselimuti kabut. Oleh karena itu, bawalah jaket kalau kamu gak tahan sama udara dingin. Untuk memasuki obyek wisata ini, kamu diharuskan membayar mahar seharga Rp. 5000,00/ orang.

2. Bukit Langara


Bukit Langgara terletak di Desa Lumpangi, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Pendakian bisa dilakukan mulai dari pos penjagaan pertama (tempat penitipan kedaraan). Dari tempat tersebut, harus menempuh perjalanan dengan melewati jalan setapak bebatuan. Untuk sampai ke puncak, butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan. Berhati-hatilah, karena dari awal trekking sampai ke lokasi, kita akan menemui beberapa tanjakan yang cukup curam dan licin. Sangat disarankan juga agar memakai sepatu atau sandal gunung yang nyaman dipakai. Nah, sesampainya di puncak bukit akan disuguhi pemandangan alam yang memukau, terdiri dari aliran sungai dan tebing-tebing batu yang kece untuk berfoto.

3. Bukit Matang Kaladan


Satu lagi kawasan bukit yang lagi booming di Instagram. Namanya Bukit Matang Kaladan, atau juga sering disebut dengan nama Bukit Tiwingan. Lokasinya terletak di Desa Tiwingan Lama, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Atau tepatnya, berada di samping Pelabuhan Tiwingan. Yap, dari atas bukit ini, kita bisa menyaksikan pemandangan ciamik berupa gugusan pulau-pulau kecil yang terdapat di sekitar danau Riam Kanan. Untuk memasuki kawasan ini, kita harus membayar biaya masuk seharga Rp. 10.000,00. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Biayanya cukup murah bila dibandingkan dengan pemandangan bukit yang sangat indah.