Apa saja bahaya gigi palsu?

Penggunaan gigi palsu sendiri bukannya tanpa bahaya. Meskipun memiliki banyak manfaat untuk penggunanya, namun ternyata gigi palsu dapat menyebabkan beberapa efek samping yang dapat membahayakan. Kebanyakan, bahaya dari gigi palsu itu sendiri dapat disebabkan karena proses pemasangan dan juga perawatan dari gigi palsu yang tidak tepat. Apa saja bahaya gigi palsu?

Bahaya gigi palsu, berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  1. Menyebabkan iritasi
    Bahaya pertama dari penggunaan gigi palsu adalah dapat menyebabkan terjadinya ieritasi. Iritasi ini paling utama dapat disebabkan karena gigi palsu yang digunakan tidak steril, sehingga dapat menyebabkan kuman serta bakteri lainnya masuk dan juga menempel pada bagian gusi. Selain itu, pemasangan gigi palsu yang kurang pas dan presisi juga merupakan salah satu faktor lainnya yang dapat menyebabkan munculnya iritasi akibat penggunaan gigi palsu. Pemasangan yang tidak tepat ini malahan dapat menyebabkan bagian gusi menjadi terluka dan juga tertusuk dari material gigi palsu, sehingga dapat menyebabkan luka. Luka ini kemungkinan dapat menyebabkan iritasi dan juga terjadi infeksi.

  2. Bisa tertelan
    Bahaya lainnya yang menghantui para pengguna gigi palsu adalah bahaya tertelan. Ya, gigi palsu, yang dibuat secara lepasan aliat satuan untuk menutupi satu per satu lubang pada gigi bisa memiliki resiko dan tingkat tertelan yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena proses pemasangan yang tidak tepat dan juga tidak benar, sehingga suatu saat gigi palsu tersebut bisa tidak sengaja ikut tertelan, paling sering ketika pengguna gigi palsu tersebut sedang makan. Hal ini bisa saja membuat pengguna gigi palsu menjadi tersedak yang berujung pada muntah. Dampak bahaya lainnya, gigi palsu malahan ikut masuk ke dalam organ pencernaan dan menghambat kinerja dari organ pencernaan tersebut, sehingga harus diambil dengan cara melakukan operasi.

  3. Menyebabkan rasa nyeri dan sakit
    Penggunaan gigi palsu memiliki bahaya yang hampir mirip dengan bahaya behel lepas pasang alias kawat gigi. Penggunaan gigi palsu dapat menyebabakan munculnya rasa sakit dan juga nyeri yang luar biasa pada penggunanya, terutama ketika pada awal-awal masa menggunakan gigi palsu. Rasa sakit ini dapat menyebabkan iritasi, seperti sariawan. Kondisi ini juga dapat menyebabkan pemilik gigi palsu menjadi malas untuk makan, sehingga kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh menjadi berkurang dan juga tubuh akan kekurangan energi untuk beraktivitas.

  4. Mudah terlepas
    Masih dari proses pemasangan gigi palsu yang kurang baik, resiko dan bahaya lainnya dari penggunaan gigi palsu adalah gigi palsu yang mudah terlepas. Biasanya, gigi palsu yang mudah terlepas ini terjadi karena daya rekat dan juga pemasangan dari gigi palsu itu sendiri kurang baik. Ketika gigi palsu ini terlepas, maka apabila tidak disadari secara langsung gigi palsu tersebut akan jatuh dan tidak anda sadari, sudah menghilang dari rongga mulut anda.

  5. Mempengaruhi proses prngunyahan makanan
    Selain itu, gigi palsu yang mudah lepas juga mempengaruhi proses pengunyahan. Dimana proses pengunyahan pada gigi palsu yang terlepas menjadi tidak mksimal, yang akan memicu organ pencernaan bekerja lebih keras lagi dalam mencerna makanan. Untuk itu cara menjaga kesehatan gigi palsu penting diterapkan, agar kondisi gigi sehat lainnya tidak terpengaruh.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/bahaya-gigi-palsu