Apa saja akibat jika kekurangan fosfor?

mulut

Kelebihan fosfor akan berakibat buruk bagi tubuh, begitu pun ketika tubuh Anda kekurangan fosfor. Asupan fosfor yang kurang sama bahayanya dengan saat Anda memiliki fosfor lebih di dalam tubuh. Namun, apa saja akibat atau kondisi yang menjadi tanda bagi Anda kekurangan fosfor sehingga Anda harus meningkatkan asupan fosfor bagi tubuh?

Berikut adalah beberapa akibat atau kondisi yang menjadi tanda bagi Anda kekurangan fosfor sehingga Anda harus meningkatkan asupan fosfor bagi tubuh.

  1. Anorexia
    Anorexia bisa juga dikatakan sebagai kondisi gangguan makan atau bisa disebut juga hilangnya nafsu makan. Hal ini dapat berakibat fatal bagi tubuh, yaitu dapat menyebabkan kerja organ-organ di dalam tubuh berhenti dan membawa penderita kepada kematian. Tanda-tanda dimana seseorang kekurangan fosfor dan kemudian kehilangan nafsu makan adalah sebagai berikut:

  2. Kerusakan Tulang
    Jika penyakit tulang dapat timbul karena kelebihan fosfor, maka Anda yang tidak mendapat asupan fosfor secara cukup akan mengalami kerusakan tulang. Karena tubuh memiliki 85% fosfor yang ada pada tulang dan gigi, maka jika sampai asupan fosfor rendah, bisa dipastikan tulang pun akan mengalami masalah dan mengalami kerusakan apabila asupan fosfor dalam tubuh tidak segera ditambah.

  3. Hipofosfatemia
    Kekurangan fosfor juga dapat mengakibatkan hipofosfatemia atau kondisi di mana kadar fosfat di dalam darah penderita tergolong rendah. Dengan kata lain, konsentrasi fosfat yang ditemukan di dalam tubuh adalah kurang dari 2,5 mgr/dL darah. Dua gejala yang akan dapat dirasakan oleh penderita hipofosfatemia antara lain adalah tulang terasa nyeri dan otot terasa lemah. Jika otot terasa lemah maka badan pun juga akan terasa lemah dan mudah lelah dalam menjalani aktivitas.

Sumber: https://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/akibat-kelebihan-dan-kekurangan-fosfor