Apa risikonya kalau menyikat lidah dengan sikat gigi?

https://www.go-dok.com/wp-content/uploads/2017/02/malas-membersihkan-lidah-web.jpg

Seberapa sering Anda membersihkan lidah Anda? Banyak orang sudah tahu bahwa menggosok gigi minimal dua kali sehari itu adalah hal yang wajib. Namun, tak semuanya rutin ikut menggosok lidah, mungkin salah satunya adalah Anda.

Tidak jarang orang menggunakan sikat gigi sebagai pembersih lidah. Padahal hal ini akan berdampak buruk bagi lidah dan kesehatan mulut secara keseluruhan. Apa saja dampak buruk jika Anda menyikat lidah dengan sikat gigi?

  1. Bakteri semakin bertambah
    Tujuan dari membersihkan lidah adalah untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang menumpuk pada permukaan lidah. Tetap jika Anda membersihkannya dengan cara menyikat lidah dengan sikat gigi, justru menekan bakteri yang ada di permukaan semakin masuk ke dalam lidah. Hal ini mengakibatkan mulut menjadi bau dan berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan mulut lainnya.
  2. Menyebabkan muntah
    Menyikat lidah dengan sikat gigi dapat membuat Anda muntah secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena bakteri malah berkumpul di bagian mulut dan kemudian merangsang Anda untuk muntah.
  3. Menurunkan kemampuan lidah untuk merasakan rasa makanan
    Seperti yang kita tahu, lidah adalah organ yang berperan sebagai pengecap rasa makanan, karena lidah terdiri dari 10 ribu kuncup pengecap. Kuncup pengecap ini adalah bagian lidah yang berfungsi untuk menerima rasa dari makanan yang dimakan. Dengan adanya kuncup pengecap tersebut, Anda dapat merasakan setidaknya 4 rasa dasar makanan, yaitu manis, asam, asin, dan pahit.

Banyak orang yang tidak sadar telah menyikat lidahnya terlalu keras. Gesekan keras yang terjadi ketika Anda menyikat lidah akan membuat kuncup pengecap menjadi rusak. Ketika kuncup pengecap rusak, maka kemampuan Anda untuk mengecap dan merasakan rasa makanan akan berkurang.