Apa perbedaan sariawan dengan herpes di mulut?

apa perbedaan sariawan dengan herpes di mulut?

Kebanyakan orang awam mengira semua gangguan di mulut dengan tanda bulat keputihan atau kekuningan adalah sariawan. Namun faktanya tak semua begitu.

“Sariawan terbagi menjadi tiga jenis yaitu minor, mayor, dan herpetiform. Jenis minor adalah sariawan kecil dengan diameter kurang dari 1 Sentimeter dan sembuh sendiri dalam dua minggu tanpa meninggalkan jaringan parut,” terang drg. Rahmi Amtha dalam temu media Obat Kumur Betadine.

Sementara, sariawan mayor berukuran lebih yaitu lebih dari 1 Sentimeter namun jarang berulang. Selain membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama, akan terbentuk jaringan parut pada bagian yang terkena sariawan.

Terakhir, herpetiform yang sepintas mirip dengan penyakit kulit Herpes. Perbedaan yang terlihat adalah tidak ada gejala demam pada herpetiform. Penyakit ini ditandai dengan sariawan dengan jumlah banyak namun berukuran tak lebih dari 2 Sentimeter.

“Kalau sakit Herpes yang disebabkan virus, umumnya demam 2-3 hari sebelum sariawan dan jumlahnya banyak,” tambahnya.

Namun ia menekankan, sariawan juga bisa berjumlah lebih dari satu dalam satu waktu, namun masih tergolong wajar bila tak ada gejala demam yang muncul.

Sariawan atau stomatitis aphtosa adalah gangguan pada rongga mulut dengan ciri khas cekung dengan bentuk oval atau bulat, bagian pinggir berwarna merah karena mengalami peradangan, bagian dasar berwarna putih, dan sakit. Umumnya, sariawan dapat sembuh sendiri selama sekitar dua minggu.

http://rona.metrotvnews.com/kesehatan/ob3AGZXK-perbedaan-sariawan-biasa-dengan-penyakit-kulit-herpes-di-mulut