Apa perbedaan 'needs' dan 'wants' dalam identifikasi domain konsumen?

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia needs adalah kebutuhan sedangkan wants adalah keinginan. Dua arti yang berbeda namun sering didengar dalam manajemen produk memahami domain konsumennya. Apa perbedaan dari customer needs dan customer wants?

Memahami kebutuhan dan keinginan konsumen itu perlu. Memahami perbedaannya keduanya adalah kunci utama untuk bisa sukses dalam berbisnis. Terkadang apa yang diinginkan konsumen sama sekali bertentangan dengan apa yang mereka butuhkan. Tugas Anda adalah unyuk memberikan produk yang konsumen inginkan dan juga memberi pemahaman kepada konsumen bahwa mereka juga membutuhkan produk Anda.

Buying versus Selling
Kebanyakan konsumen lebih senang membeli sesuatu sendiri tanpa ada yang menawarkannya kepada mereka. Ada perbedaan yang signifikan di antara kedua hal ini. Ketika konsumen memutuskan sendiri apa yang mereka inginkan dan keluar untuk membelinya, mereka merasa mereka telah membeli sesuatu. Sebaliknya, bila ada pramuniaga yang menawarkan produk mereka lalu mereka membelinya, walaupun mereka benar-benar butuh, konsumen merasa bahwa seseorang telah menjual produk kepada mereka. Jika Anda ingin konsumen merasa baik terhadap hubungan dan tertarik dengan retensi konsumen, Anda harus memberikan apa yang mereka inginkan.

What About Their Needs
Terkadang apa yang konsumen inginkan bukanlah apa yang mereka butuhkan. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan berbagi informasi yang Anda pikir konsumen perlu tahun tetapi membiarkan mereka untuk memutuskan pilihannya tanpa merasa tertekan.

Needs versus Wants
Dalam penjualan, kebutuhan adalah sesuatu yang menyelesaikan masalah nyata atau tidak nyata. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang konsumen merasa senang jika memilikinya. Terkadang konsumen tidak tahu apa yang mereka butuhkan, mereka hanya tahu apa yang mereka butuhkan.

Ketika Anda memberikan apa yang konsumen inginkan, dalam jangka panjang ada kemungkinan Anda membangun hubungan berkelanjutan yang menguntungkan dengan konsumen.

Wants are More Powerful
Apa yang konsumen inginkan terkadang menjadi motivator yang lebih kuat dibandingkan dengan apa yang mereka butuhkan. Akan lebih jelas jika Anda bertanya pada konsumen dan mereka akan memberi tahu Anda mengapa mereka menginginkan keinginan mereka. Konsumen mendapatkan nilai, kesenangan dan kepuasaan lebih ketika membeli apa yang mereka inginkan daripada membeli apa yang mereka butuhkan.

Sumber