Apa perbedaan ikan Piranha jenis Pygocentrus Piraya dan Genus Serrasalmus?

image

Piranha adalah ikan air tawar omnivora yang hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan. Di sungai-sungai Venezuela, mereka disebut caribes. Mereka terkenal dengan gigi tajam dan pemakan daging. piranha yang memiliki reputasi paling agresif adalah piranha perut merah, dalam bahasa latinnya Pygrocentrus Natterereri. Dari seluruh jenis ikan air tawar yang pernah dipelihara sebagai hiasan mungkin hanya jenis PIRANHA saja yang tidak diizinkan. Sebab jenis ikan ini tergolong jenis ikan yang berbahaya.

Genus Pygocentrus :
Pygocentrus Piraya habitat sungai Sao Fransisco Amazon Brazil. Dijuluki sebagai " King of Pygo" .Di habitat aslinya panjang ikan bisa mencapai 50cm dan hidup secara berkelompok. Mempunyai corak menarik warna kuning atau orange dibagian perutnya. Kadang membentuk lidah api berwarna kuning atau orange. Memerlukan aquarium berukuran besar kalau ingin dipelihara lebih dari satu ekor. 3 ekor Piraya ukuran 30-35cm akan merasa nyaman di aquarium ukuran 1200 liter. Karena ukurannya yang besar, perlu penanganan yang sangat hati-hati jika mau memindahkan. Kalau sampai tergigit, maka dapat menyebabkan luka yang sangat serius. Piraya termasuk jarang tersedia di pasaran, maka harganya bisa dipatok cukup mahal. Piranha ini di alam liarnya juga dianggap berbahaya bagi manusia pada situasi tertentu.
Pygocentrus Caribe Habitat di seluruh sungai Orinoco. Panjang 38cm. Di alam aslinya ikan ini berkelompok dalam jumlah besar dan menjadi berbahaya bagi hewan ataupun manusia apabila berenang ditempat-tempat dimana caribe biasa memburu mangsanya. Tepi danau yang terdapat sarang burung, biasanya tempat ini caribe berkumpul menunggu anak-anak burung terjatuh. Untuk itu tidak disarankan manusia masuk ke air, karena caribe akan mengira itu adalah makanannya. Caribe di aquarium lebih agresif dibandingkan dengan nattereri. Karena sifatnya yang suka berkelompok di alam liar. Piranha ini baik dipelihara lebih dari satu ekor. Aquarium ukuran 360 liter bisa menampung 3 ekor caribe dewasa ukuran 20-25cm.
Pygocentrus Nattereri Habitat sungai Amazon, sungai Parana Paraguay, Argentina, BolIvia. Panjang 33cm. Nattereri adalah piranha yang paling banyak dipelihara oleh para Hobbyist di seluruh dunia. Karena kemudahan untuk mendapatkannya. Jenis ini bisa dikembang-biakkan di kolam dan juga di aquarium. Piranha nattereri biasa hidup berkelompok dengan itu untuk supaya tidak mudah takut atau stres, minimal 3 atau 6 ekor dipelihara di satu aquarium. Bila sudah merasa nyaman dan tidak stres, nattereri yang berkelompok di aquarium menjadi agresif kalau diberikan umpan ikan mati ataupun yang hidup.
Genus Serrasalmus :
Serrasalmus Rhombeus aka Black Piranha, Diamond rhombeus. Habitat Sungai Amazonas, Orinoco, North and Eastern Guiana. Panjang 41cm. Piranha Rhombeus ini berburu secara soliter. Sifatnya sangat agresif dan teritorial, terutama yang specimen besar. Tidak dianjurkan untuk disatukan dengan piranha lainnya di dalam satu aquarium. Rhombeus dilaporkan juga pernah menggigit manusia, walaupun tidak mengakibatkan kematian. Tetapi karena rahangnya sangat kuat, gigitannya membuat luka yang sangat serius ataupun sampai di amputasi. Untuk supaya nyaman dan tidak stres, rhombeus dewasa perlu aquarium ukuran minimal sekitar 160 liter.