Apa penyebab sariawan di gusi?

https://klikdokter.co.id/wp-content/uploads/2018/03/Cara-Mengobati-Sariawan-di-Gusi.jpg

apa penyebab sariawan di gusi?

Sariawan di gusi disebabkan sejumlah kondisi yang serupa dengan sariawan di lidah, bibir, atau langit-langit dan dinding rongga mulut. Berikut beberapa penyebabnya :

Cedera mulut. Cedera umumnya disebabkan menggigit bagian tertentu di rongga mulut secara tidak sengaja atau menyikat gigi terlalu keras, sehingga gusi mengalami luka, yang kemudian dapat terjadi infeksi. Kandungan SLS (sodium lauryl sulfate) pada pasta gigi atau obat kumur juga dapat memicu tumbuhnya sariawan.

Kekurangan nutrisi. Tidak tercukupi nutrisi seperti zat besi, asam folat dan vitamin B12 dan C, dipercaya turut berkontribusi dalam memicu timbulnya sariawan.

Sensitif terhadap paparan makanan atau minuman tertentu. Termasuk kopi, coklat, stroberi, kacang, keju maupun makanan pedas.

Menderita penyakit tertentu. Beberapa penyakit tertentu seperti herpes, radang pada saluran pencernaan atau gangguan sistem imunitas, juga diketahui dapat memicu sariawan.

Stres. Stres yang tidak terkendali dengan baik juga dipercaya bisa memicu sariawan. Misalnya, saat ujian kenaikan kelas atau pekerjaan yang menumpuk di kantor bisa membuat Anda terkena sariawan.

Genetik. Walau belum diketahui secara pasti, namun rentannya seseorang menderita sariawan dapat diturunkan secara genetika dari orang tua maupun keluarga dekat.