Apa penyebab jerawat di dagu dan rahang?

Berbeda dengan komedo yang tergolong lebih mudah untuk diatasi, jerawat yang muncul membutuhkan perhatian ekstra agar tidak semakin parah. Apalagi, jerawat yang umumnya muncul di area dagu atau rahang adalah jerawat sedang hingga cystic, sehingga lebih sulit untuk diatasi. Apa penyebab jerawat di dagu dan rahang?

Penyebabnya yaitu:

  1. Pemakaian Kosmetik
    Salah satu faktor yang menyebabkan jerawat di dagu adalah pemakaian kosmetik yang berlebihan atau bisa juga tidak cocok. Nah, memang setiap tipe kulit memiliki jenis-jenis kosmetik yang berbeda, karena pemakaian kosmetik memang tergantung sepenuhnya terhadap tipe kulit anda. Mungkin anda bertanya-tanya apa kaitan antara kosmetik dan jerawat di dagu. Nah, seringkali kita menjumpai produk kosmetik yang mengandung minyak. Jika produk kosmetik yang mengandung minyak ini bersentuhan dengan kulit dagu, maka minyak tersebut akan menyumbat pori-pori kulit. Jika memang kulit anda berminyak, maka gunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat, seperti bedak yang cocok untuk kulit berjerawat atau foundation untuk kulit berjerawat.

  2. Malas Mandi
    Malas mandi merupakan salah satu faktor utama mengapa jerawat di dagu bisa muncul. Tak bisa dipungkiri jika mandi merupakan suatu aktivitas yang sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan kulit kita, termasuk kulit di wajah dan dagu. Ketika anda malas mandi, maka kulit anda tidak akan bersih. Nah, setelah anda beraktivitas dalam satu hari penuh, maka tidak bisa dihindari jika kotoran, debu menyebabkan jerawat, bakteri, polusi, dan zat-zat lainnya yang tidak terlihat akan menempel di kulit kita. Jika kita tidak membersihkannya dengan mandi, maka berbagai kontaminan tersebut akan tetap menempel di kulit dagu anda. Hasilnya, jika kontaminan tersebut berinteraksi dengan sebum, maka akan menjadi penyebab jerawat meradang di dagu.

sumber:
https://wajahjerawat.com/penyebab-jerawat-di-dagu