Apa penyebab gusi berdarah?

https://www.sehatcenter.com/wp-content/uploads/2015/12/52.Kenali-Penyebab-Gusi-Berdarah-dan-Bengkak.jpg

apa penyebab gusi berdarah?

Gusi berdarah umumnya disebabkan oleh adanya plak pada gusi. Plak merupakan campuran antara bakteri mulut Anda dengan ludah dan sisa makanan yang menempel pada gigi Anda. Untuk menghilangkan plak, Anda dapat menyikat gigi secara teratur. Tapi jika Anda tidak teratur dalam menyikat gigi, maka plak bisa menyebabkan gigi berlubang hingga karang gigi. Untuk menghilangkannya, diperlukan bantuan dokter gigi.
Plak yang telah berubah menjadi karang gigi, dapat memicu gusi berdarah pada saat Anda menyikat gigi. Jika terus dibiarkan maka akan terjadi peradangan pada gusi atau gingivitis, dan kemudian bisa menjadi periodontitis. Pada periodontitis, peradangan pada gusi bisa menyebar hingga ke jaringan penyangga dan tulang gigi. Jika peradangan dan infeksi ini terjadi, maka gigi Anda memiliki kemungkinan untuk goyah atau bahkan tanggal. Hal ini dikarenakan tulang yang membantu gigi untuk dapat berdiri kokoh telah rusak. Peradangan seperti ini biasanya terjadi pada orang-orang dewasa.
Selain plak, gusi berdarah juga bisa dikarenakan Anda kurang hati-hati pada saat menyikat gigi sehingga terlalu keras dan melukai gusi. Penyebab lain gusi berdarah adalah kekurangan vitamin, serta pemasangan gigi palsu yang tidak pas. Pada saat hamil, seorang wanita juga memiliki kemungkinan untuk mengalami gusi berdarah. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan gusi lebih sensitif.