Apa penyebab gigi berdarah saat bangun tidur?

Menjaga kebersihan gigi dan mulut wajib dilakukan, mengingat pentingnya fungsi gigi dan mulut didalam kehidupan kita sehari – hari. Gigi, selain fungsi utamanya sebagai alat untuk mengunyah makanan juga mempunyai fungsi estetika atau kecantikan. Sedangkan mulut selain tempat mengunyah makanan dan memasukkan zat – zat penting yang dibutuhkan tubuh, juga sebagai alat untuk berbicara.

1 Like

Penyebab Gigi Berdarah Saat Bangun Tidur

  1. Plak dan Karang Gigi
    Plak merupakan sumber utama dari penyakit gigi, seperti gingivitis dan karies gigi. Melakukan pembersihan gigi yang tidak sempurna akan meninggalkan sisa – sisa makanan yang membentuk plak. Plak yang semula lunak lambat laun akan mengeras dan menjadi penyebab karang gigi hitam. Karang gigi yang keras merusak bagian bawah gigi, dan menjadi penyebab gigi berdarah.

  2. Luka pada Rongga Mulut
    Luka pada rongga mulut seperti luka pada lidah (mucosa), pipi bagian dalam, dan bibir. Selain itu trauma gigi juga bisa menjadi penyebab gigi berdarah. Trauma gigi misalnya disebabkan karena jatuh atau kecelakaan dan benturan keras yang mengenai gigi. Benturan keras itu menyebabkan gigi patah atau tanggal.

  3. Pemasangan Gigi Palsu yang Tidak Pas
    Luka pada gigi yang disebabkan oleh benda luar seperti pemasangan gigi palsu yang tidak pas. Pergeseran gigi palsu dengan jaringan lunak pada rongga mulut dapat mengakibatkan pendarahan. (Anda dapat membaca artikel terkait yaitu efek samping gigi palsu).

  4. Pemasangan Kawat Gigi (behel) yang Tidak Pas
    Seperti pada pemasangan gigi palsu yang kurang pas, pemasangan kawat gigi atau behel yang tidak pas juga dapat mengakibatkan luka pada jaringan lunak yang disebabkan oleh benda luar. (Anda dapat membaca artikel terkait yaitu efek samping gigi behel).

  5. Penyakit Radang Gusi (gingivitis)
    Gingivitis merupakan salah satu penyakit gusi yang menyebabkan iritasi, kemerahan dan peradangan pada gusi. Jika tidak segera diatasi, gingivitis dapat menjadi penyakit gusi yang lebih parah lagi yaitu periodontitis

sumber: https://halogigi.com/