Apa penyebab gigi atas maju atau tonggos?

Bentuk ggi setiap orang berbeda-beda, apa yang memperngaruhi hal tersebut? terutama apabila gigi atas lebih maju.

Banyak hal yang diperkirakan menjadi penyebab maupun pemicu yang membuat gigi menjadi tonggos. Kebiasaan mengisap jempol saat usia sudah lebih dari 4 tahun diperkirakan menjadi penyebab yang paling memungkinkan, karena saat anak mengisap jempol, mulut membuat gerakan maju mundur secara konstan.
Penggunaan dot juga diperkirakan mampu menimbulkan gigi tonggos, karena penggunaan dot juga membuat posisi gigi lebih maju serta mengubah arah rahang. Normalnya, seorang anak akan menggunakan dot hanya sampai usianya 2,5 tahun. Pada beberapa kasus, faktor keturunan pun diperkirakan menjadi pemicu munculnya gigi tonggos. Selain itu gigi tonggos juga dapat disebabkan oleh Anak usia lebih dari 4 tahun yang memiliki kebiasaan mengisap jempol. Apalagi jika kebiasaan ini tidak dicegah oleh orang tua. Maka gerakan maju mundur dari isapan jempol itu akan mempengaruhi bentuk rahang. Selain itu kerusakan gigi pada anak juga bisa disebabkan oleh

  1. Makanan yang Dapat Merusak Gigi Anak.
    Penggunaan dot saat menyusu ketika bayi atau balita juga bisa menjadi salah satu penyebab dari kelainan gigi tonggos ini. Hal ini dikarenakan penggunaan dot yang notabene lebih keras daripada ASi membuat rahang atas dan bawah beradaptasi dengan bentuk dot itu sendiri. Jika dilakukan secara sering dan terus menerus, maka rahang akan berubah ukuran dan arahnya.
    Faktor genetika juga menjadi salah satu penyebab dari gigi tonggos yang ada, yaitu jika memang terdapat gen ukuran rahang yang tidak normal.
  2. Penggunaan dot saat menyusu ketika bayi atau balita juga bisa menjadi salah satu penyebab dari kelainan gigi tonggos ini. Hal ini dikarenakan penggunaan dot yang notabene lebih keras daripada ASi membuat rahang atas dan bawah beradaptasi dengan bentuk dot itu sendiri. Jika dilakukan secara sering dan terus menerus, maka rahang akan berubah ukuran dan arahnya.
  3. Faktor genetika juga menjadi salah satu penyebab dari gigi tonggos yang ada, yaitu jika memang terdapat gen ukuran rahang yang tidak normal.

sumber: https://halogigi.com/ciri-ciri-gigi-tonggos