Apa penyebab benjolan pada rongga mulut balita?

Sebagai seorang Ibu yang sedang mengasuh dan merawat balita, tentu kesehatan akan menjadi hal utama untuk diperhatikan. Apalagi mengingat bayi atau balita yang rentan menurun kesehatannya, membuat setiap orang tua tak akan melewatkan bagian detail dari kesehatan tubuh sang anak. Salah satu juga yang perlu menjadi perhatian adalah kesehatan rongga mulut. Lalu ketika muncul benjolan pada rongga mulut bayi, apa penyebabnya?

Bayi atau balita yang masih belum mengerti pentingnya kesehatan membuat para orangtua harus aktif melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan terhadap kesehatan bayi sendiri perlu dilakukan secara menyeluruh (holistik) termasuk pada keadaan atau kesehatan rongga mulut.

Rongga mulut bayi atau balita memang rentan terkena penyakit seperti munculnya benjolan di dalam rongga mulut. Hal ini dikarenakan bayi atau balita yang aktif serta seringkali menggigit jari dan benda-benda. Saat mereka aktif serta menggigit beberapa benda dan jari maka hal ini bisa memicu munculnya benjolan yang disebut mucolele.

Mucolele atau benjolan di rongga mulut bisa terjadi karena trauma pada kelenjar ludah dimana ludah tertahan dan lama-kelamaan memunculkan benjolan. Benjolan (mucolele) ini jika lama-kelamaan dibiarkan tergesek akan bisa semakin membesar. Pada kasus bayi atau balita, benjolan ini bisa disebabkan oleh sodokan atau benturan saat mereka menggigit benda atau jari-jemarinya. Dari sinilah maka mucolele pada bayi sangat rentan terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Benjolan (mucolele) sendiri bisa muncul pada rongga mulut atas, bawah dan juga area bawah lidah. Tidak hanya mucolele, tapi bayi atau balita juga rentan terkena benjolan bernama ranula. Ranula adalah kelainan yang terjadi pada kelenjar liur yang jauh lebih besar di bagian bawah mulut. Sama seperti mucolele, ranula juga bisa membuat benjolan yang besar bila dibiarkan. Saat sudah parah, ranula juga akan memunculkan cairan dengan warna kebiru-biruan.

Mucolele atau ranula ini tentunya harus segera diatasi dengan tindakan medis. Biasanya kasus benjolan mucolele dan ranula akan diobati oleh dokter dengan tindakan pembedahan kecil yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Jadi tak perlu takut melakukan tindakan medis untuk mengatasi mucolele dan ranula.