Apa penyebab bayi yang saat lahir sudah memiliki gigi?

Gigi pada bayi umumnya baru tumbuh ketika bayi berusia di atas 6 bulan. Namun ada juga beberapa bayi yang saat lahir sudah memiliki gigi. Apa penyebabnya?

Gigi bayi biasanya baru pertama kali muncul ketika bayi berusia 6 bulan hingga 1 tahun. Gigi yang pertama muncul adalah gigi di bagian depan di atas dan bawah yang disebut gigi seri atau gigi susu. Sebagian besar bayi memiliki gigi yang lengkap sejumlah 20 gigi pada saat mereka berusia 3 tahun.

Untuk kasus gigi bayi yang sudah muncul saat lahir, kondisi ini disebut dengan natal teeth. Umumnya gigi yang tumbuh pertama kali adalah gigi di gusi bawah yang berguna untuk memotong atau menggigit makanan. Gigi pada bayi baru lahir bukanlah suatu hal yang berbahaya, namun orang tua tetap harus memerhatikan kebersihan dan cara menyusu bayi.

Beberapa penyebab bayi memiliki natal teeth antara lain:

  1. Keturunan
    Munculnya gigi bayi yang baru lahir dapat disebabkan oleh riwayat keturunan. Apabila ada riwayat dalam keluarga yang memiliki natal teeth saat lahir, anak Anda kemungkinan juga akan memiliki natal teeth.

  2. Sindrom Ellis-van Creveld
    Sindrome Ellis-van Creveld ini merupakan kelainan tulang genetik yang menyebabkan kelainan kongenital seperti jumlah jari yang berlebih, tidak adanya rambut, juga natal teeth.

  3. Sindrom Pierre Robin
    Sindrom ini ditandai dengan adanya rahang bawah yang sangat kecil (micrognathia), lidah cenderung mundur dan ke bawah (glossoptosis) serta memiliki celah lunak di langit-langit mulut.

  4. Sindrom Hallerman-Streif
    Sindrom Hallerman-Streif yaitu kondisi yang memengaruhi tinggi badan, bentuk kepala dan pertumbuhan rambut.

Pada bayi yang memiliki natal teeth, jika kondisi fisik lainnya normal, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun jika terlihat memiliki sindrom tertentu, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan perawatan lebih lanjut.

Sumber: http://doktersehat.com/penyebab-bayi-baru-lahir-sudah-memiliki-gigi/