Apa pengaruh dot pada gigi bayi?

gigi pada bayi dan cara mengatasinya.

Pada umumnya sering kita menjumpai bayi dan anak yang meminum susu menggunakan botol ber-dot sebelum anak tersebut terlelap tidur. Namun dampak negatif dari kebiasaan yang dilakukan tersebut pada gigi bayi dan anak bisa terjadi. Resiko terkena gigi berlubang dan gigi rusak pada anak menjadi semakin besar apabila sering melakukan kebiasaan tersebut. Salah satu ciri gigi bayi keropos penyebab dan cara mengatasinya.
aswq

Untuk mengetahui apa saja dampak buruk dari pengaruh dot pada gigi bayi Anda, berikut ini beberapa penjelasannya untuk Anda :

  1. Membuat Karies Gigi Bayi
    Memiliki buah hati terutama bayi dan batita tentu sangat membuat Anda merasakan kebanggan dan mencurahkan kasih sayang sepenuhnya. Namun, tentu dalam pemilihan media dan alat sebagai pemberian asi atau susu formula banyak ibu yang menggantungkannya pada dot asi. Hal ini tentu memiliki dampak buruk dalam pemakaian jangka panjang. Efek dari dot yang dapat membuat gigi bayi dan batita Anda mudah karies karena bahan yang terkandung pada dot yang membuat gigi menjadi cepat rusak. Berikut ini cara membersihkan gigi bayi kuning yang benar.

  2. Membuat Gigi Cepat Rusak
    Dalam penggunaan dot asi atau susu, dampak buruk jangka panjang pada bayi dan batita Anda adalah membuat gigi bayi rusak dini. Hal ini akibat tekstur dot yang digigit terbuat dari bahan yang tidak terlalu elastis seperti puting ibu. Dan hal ini juga membuat gigi bayi keseringan mengigit dot yang berbahan agak keras berpengaruh pada kondisi gigi menjadi rentan rusak. Karena itu perhatikan bagaimana pemilihan dot yang akan digunakan pada bayi dan batita Anda. Contoh cara mengatasi gigi keropos pada bayi dan cara pencegahannya.

  3. Gigi Bayi Berpotensi Menjadi Berlubang
    Selain itu pengaruh dot pada gigi bayi selanjutnya adalah kerusakan gigi yang menyebabkan gigi menjadi berlubang. Karena kandungan gula pada susu formula yang dihisap melalui dot dan menyisakan zat gula jika tidak dibersihkan dengan baik dan tepat, maka gigi bayi menjadi berlubang akibat kadar gula berlebihan pada dot susu dan kurangnya perhatian ibu pada kebersihan gigi bayi. Penyebab bayi 8 bulan belum tumbuh gigi normal atau tidak? ini penjelasannya.

  4. Membuat Gigi Bayi Tumbuh Tonggos
    Pemakaian dot susu pada bayi tentu berdampak pada kerusakan gigi bahkan gigi permanen. Dot yang dihisap oleh bayi dan batita menggunakan sebagian besar gigi depan, hal ini dapat menimbulkan gigi bagi menjadi tonggos dan dapat menumbuhkan gigi maju kedepan. Karena itu waspadai penggunaan dot yang salah agar masalah ini tidak berdampak pada bayi dan batita Anda. Beberapa tanda tanda bayi tumbuh gigi yang perlu diketahui.

  5. Pengeroposan Gigi Bayi
    Dampak lain penggunaan dot susu bagi bayi adalah menimbulkan gigi bayi dan batita Anda menjadi keropos. Akibat tekstur dot dan juga bakteri dan kuman yang berkembang biak pada gigi bayi. Hal ini jika tidak dibersihkan maka lama kelamaan gigi bayi Anda akan rapu dan kerospos. Gunakan juga tekstur dot yang lembut dan cocok untuk ukuran bayi dan batita Anda. Berikut tanda dan ciri gigi bayi tonggos penyebab dan ini solusinya.

sumber: https://halogigi.com/