Apa obat sakit gigi saat hamil yang aman?

apa obat sakit gigi saat hamil yang aman?

Untuk mengurangi gejala sakit gigi saat hamil, Anda bisa mengonsumsi obat paracetamol yang dianggap aman untuk penanganan nyeri, termasuk juga sakit gigi. Namun, disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat tersebut, untuk menghindari efek negatif pada janin dalam kandungan.
Jika Anda ingin melakukan pengobatan di rumah, sebaiknya berhati-hati sebelum mengonsumsi obat sakit gigi apa pun. Obat-obatan bebas seperti aspirin, ibuprofen, atau naproxen harus dihindari, karena tergolong tidak aman selama kehamilan.
Sakit gigi dapat ditangani menggunakan obat, maupun tindakan perawatan gigi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Dental Association (JADA) mengatakan bahwa perawatan gigi dengan bius lokal di dokter gigi, aman untuk wanita hamil. Meski perawatan gigi dapat dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan, namun, waktu terbaik untuk melakukan perawatan gigi selama kehamilan adalah saat trimester kedua, yaitu pada usia kehamilan 14 hingga 20 minggu. Pada trimester kedua, perkembangan organ janin telah lengkap sehingga risiko efek samping perawatan gigi terhadap janin lebih rendah.
Anda mungkin memerlukan pengobatan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri atau mencegah infeksi pasca perawatan gigi. Antibiotik yang biasanya diberikan untuk ibu hamil adalah amoxicillin atau clindamycin. Walaupun demikian, selama tidak mendesak, tindakan perawatan gigi sebaiknya dilakukan setelah melahirkan.