Apa makna dari Fragmen Tari Topeng Sekartaji Boyong?

image

Halo sobat! Pasti sudah tahu kan, bahwasanya kini sudah banyak terdapat tarian di Indonesia. Salah satunya adalah Fragmen Tari Topeng Sekartaji Boyong yang merupakan sebuah tari topeng klasik gaya Yogyakarta yang ide ceritanya mengambil dari epos Panji. Lalu, makna apa yang terdapat pada Fragmen Tari Topeng Sekartaji Boyong tersebut?

Makna yang terdapat dalam Fragmen Tari Topeng Sekartaji Boyong ini adalah peran utama dalam sisi Dewi Sekartaji adalah simbol kesetiaan seorang wanita, meskipun diculik, dia tetap setia kepada Panji Asmarabangun walaupun penculiknya seorang Raja sekalipun.
Disisi lain ada pembelajaran yang berharga, orang yang diberi amanah itu seharusnya melaksanakan amanah tersebut, jangan dilanggar. Ini terjadi pada Brahmana, dimana dia diutus tetapi malah menyimpang, sehingga ajal yang menjemputnya.
Dari sisi Prabu Klana Sewandana, dia adalah seorang yang rakus, sudah tahu Dewi Sekartaji itu istrinya Panji Asmarabangun, tetapi dia malah ingin memilikinya dengan segala cara