Apa kelebihan dan kekurangan paket tour dalam melakukan perjalanan wisata?

Sebelum melakukan perjalanan wisata saya ingin tahu mengenai paket tour mulai kelebihan serta kekurangannya agar menjadi pertimbangan saya ketika akan melakukan perjalanan wisata.

Kelebihan Paket Tour :

image

  1. Adanya pemandu

Setiap paket tour akan menyediakan pemandu yang siap mengantar kemana pun para wisatawan pergi dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Apalagi jika pemandu adalah penduduk lokal daerah tersebut yang tentu memiliki pengetahuan yang lebih sehingga bisa menambah informasi tentang sejarah daerah wisata tersebut.

  1. Cocok bagi wisatawan yang tidak mengenal daerah wisata

Bagi para wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi suatu daerah maka lebih disarankan untuk ikut dalam sebuah paket tur. Dengan paket tour akan diatur kemana saja tempat wisata yang akan dikunjungi dan ditemani dengan pemandu sehingga tidak akan tersesat. Apalagi setiap daerah memiliki kultur dan kebiasaan yang berbeda, sehingga wisatawan bisa terhindar dari gagap budaya karena sudah mendapat penjelasan dari pemandu.

  1. Waktu lebih efektif

Dengan mengikuti paket tur maka semua waktu liburan akan terpakai dengan efektif. Pihak travel agent sudah menjadwalkan semua kegiatan sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia.

Kekurangan Paket Tour :

image

  1. Terikat waktu

Bagi wisatawan yang tidak terlalu suka dengan aturan waktu maka mengikuti paket tur akan sangat menyusahkan. Terlebih kebebasan berapa lama untuk mengunjungi suatu dareah wisata akan dibatasi karena jadawal dalam paket tour memang biasanya begitu rapat.

  1. Tidak bisa bebas

Bagi wisatawan mungkin ingin mengunjungi suatu tempat namun sayangnya tempat tersebut tidak termasuk dalam jadwal paket tour. Tentu hal tersebut membuat liburan kurang memuaskan karena tidak bisa mengunjungi tempat yang diinginkan. Kalaupun mau pergi maka harus pergi sendiri dan mencuri-curi waktu diluar jadwal paket tour.