Apa Itu Warna Sekunder ?

image
Alam karya seni bersifat visual, teori warna merupakan panduan praktis yang utama dalam mencampur warna dan juga merupakan efek visual dari kombinasi warna tertentu. Pada teori warna untuk melukis terdapat Warna Sekunder. Apa itu Warna Sekunder ?

Warna Sekunder


Warna Sekunder adalah warna yang dihasilkan dari campuran dua warna primer dalam sebuah ruang warna. Warna Sekunder merupakan Warna-warna yang merupakan hasil pencampuran 2 (dua) warna primer, dengan perbandingan yang sama akan mendapatkan tiga warna pula.

Warna sekunder yang didapat tergantung akan proporsi saat pencampuran warna primer. Warna yang didapat juga tergantung pada warna primer yang kita gunakan. Sebagai contoh, apakah biru prussian atau ultramarine yang akan dicampur dengan merah cadmium? Buatlah grafik warna dari warna-warna primer yang telah dicampur serta perkiraan khisaran proporsi setiap warna. Ini akan menjadi sebuah referensi sampai kita bisa mencampur warna sendiri tanpa perlu bantuan lagi.

Yang perlu diingat, proporsi masing-masing warna yang dicampur adalah penting. Jika satu warna cenderung lebih dominan ketimbang warna yang lain, maka akan terefleksikan dalam warna sekunder yang dihasilkan. Contoh, jika mencampur lebih banyak merah ketimbang kuning, maka akan dihasilkan warna jingga yang kemerah-merahan. Jadi, penting untuk melakukan eksperimen pencampuran warna untuk mencatat pencampuran apa saja yang telah dilakukan serta apa hasilnya.