Apa efek kalsium terhadap gigi?

Kalsium ialah salah satu mineral yang penting untuk tubuh, kalsium memegang peranan penting untuk keseimbangan tubuh dan kesehatan. Peranannya terhadap gigi ialah bermanfaat untuk membantu gigi sehat dan kuat serta mencegah berbagai masalah kesehatan pada gigi.

berikut efek kandungan kalsium berlebihan terhadap gigi dan penjelasannya :

  1. Penumpukan Kalsium di Pembuluh Darah Gusi
    Efek kandungan kalsium berlebihan terhadap gigi yang pertama ialah penumpukan kalsium. Dalam tubuh manusia, kalsium memiliki kadar 99% penyebaran di tulang dan gigi, 1% nya menyebar di seluruh anggota tubuh. Salah satu efek kandungan kalsium berlebih pada gigi adalah adanya penumpukan kalsium di pembuluh darah gusi. Tumpukan kalsium ini lama kelamaan bisa menjadi penyebab gusi berdarah terus menerus terjadi dan tentu saja akan sangat merepotkan.

  2. Masalah Pada Otot Otot Sekitar Rongga Mulut
    Efek kandungan kalsium berlebihan terhadap gigi yang kedua ialah masalah pada otot. Yaitu terjadinya peradangan dan pembengkakan di otot otot sekita rongga mulut. Otot tersebut yang berfungsi utuk mempertahankan gigi tetap pada fungsinya dan bertanggung jawab pada proses ketika menelan atu mengunyah.

  3. Menghambat Penyerapan Nutrisi Yang Lain
    Efek kandungan kalsium berlebihan terhadap gigi selanjutnya ialah menghambat penyerapan nutrisi lainnya. Kalsium dalam tubuh salah satunya bermanfaat untuk dapat meregenerasi sel yaitu memperbaiki atau menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak.

  4. Gigi Keropos
    Efek kelebihan kalsium yang tampak secara langsung pada gigi ialah menjadi penyebab gigi cepat rusak dan tidak kuat alias gigi mudah keropos. Kalsium merupakan nutrisi yang sangat baik untuk gigi guna mencegah gigi keropos, jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan degenerasi gigi (penurunan kekuatan, daya tahan, dan kesehatan gigi) akibat tidak terserapnya nutrisi secara maksimal. Hal ini terjadi karena kandungan kalsium yang berlebih tidak akan bisa diserap oleh tubuh dan akan dibuang melalui saluran kemih, sehingga tidak terserap ke dalam gigi.

  5. Mengganggu Kerja Antiobiotik
    Hal ini terjadi bila seseorang mengkonsumsi antibiotik misalnya ketika memiliki luka atau infeksi tertentu pada gigi atau bagian tubuh lain yang harus disembuhkan dengan cara mendapat pengobatan dengan antiobiotik. Kelebihan kalsium akan menghambat kerja antibiotik tersebut dimana pada dasarnya salah satu sifat kalsium ialah menghambat penyerapan antibitik (karena itulah ketika anda minum obat pasti akan dianjurkan oleh dokter tidak boleh diminum bersamaan dengan susu yang mengandung kalsium), sehingga misalnya ada suatu luka pada area gigi dan sekitranya akan semakin memperlambat proses kesembuhan. Hal ini seringkali menjadi penyebab gigi cenut cenut yang tiba – tiba muncul dan tiba – tiba menghilang.

  6. Ketidakseimbangan Jumlah Mineral
    Kalsium adalah salah satu mineral dalam tubuh, contoh mineral lain diantaranya ialah yodium, zat besi, fosfor, dan lain lain. Satu sama lain memiliki peran masing masing dan saling bekerja sama untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika terjadi kelebihan kalsium maka secara langsung terjadi ketidakseimbangan jumlah mineral dalam tubuh sehingga akan berpengaruh pada kesehatan organ organ di dalam nya termasuk gigi.

  7. Gusi Berdarah
    Gusi berdarah timbul karena adanya anemia (kekurangan sel darah merah) yang disebabkan karena ketidakseimbangan mineral di dalam tubuh, kalsium yang berlebih akan menghambat penyerapan zat besi (zat yang berhubungan dengan ketersediaan jumlah darah dalam tubuh).

sumber: https://halogigi.com/