Apa dampak yang muncul pada pertumbuhan gigi gingsul?

Gigi gingsul termasuk salah satu jenis maloklusi gigi. Maloklusi adalah suatu kondisi ketika gigi tidak tumbuh di tempat yang benar dan sejajar. Pada kasus ini, gigi yang mestinya tumbuh di tempatnya harus bergeser karena kondisi rahang yang kecil atau terlalu besarnya gigi tersebut. Beberapa orang ada yang merasa nyaman memiliki gingsul tetapi tidak sedikit pula orang yang merasa tidak nyaman bahkan terganggu dengan adanya gigi gingsul. lalu apa dampak yang muncul pada pertumbuhan gigi gingsul?

Bagi sebagian orang memiliki gigi gingsul dianggap bisa membuat senyuman menjadi tambah manis. Namun bagi sebagian orang lain menganggap gigi gingsul adalah sebuah gangguan sehingga mereka pun mencari cara mengatasi gigi bertumpuk ini. Ini menjadikan dilema tersendiri bagi mereka yang memiliki gigi gingsul.

Gigi gingsul sendiri merupakan sebuah kondisi dimana saat gigi tersebut tumbuh, gigi itu tidak tumbuh pada tempat yang benar dan sejajar dengan gigi lainnya. Pada kasus gigi gingsul ini, gigi yang seharusnya tumbuh pada tempatnya menjadi bergeser karena kondisi rahang yang terlalu kecil atau bisa saja karena ukuran dari gigi tersebut yang terlalu besar. Dalam beberapa kasus gigi gingsul juga bisa saja karena faktor keturunan.

Disadari atau tidak, sebenarnya ada bahaya gigi gingsul yang bisa saja diraskan oleh pemiliki gigi tersebut. Bahaya gigi gingsul antara lain :

  • Menyebabkan gigi tidak berfungsi dengan baik dan semestinya.
  • Karena posisinya yang membuat sulit untuk dibersihkan gigi gingsul ini menjadi penyebab gigi rusak.
  • Bisa menyebabkan cedera pada gusi saat melakukan proses mengunyah
  • Bisa menjadi penghambat pertumbuhan gigi atau bisa saja menyebabkan gigi itu tidak tumbuh sama sekali.