Apa ciri - ciri bayi akan tumbuh gigi?

Bagi orang tua mempunyai anak tentunya adalah anugerah terindah. Pada saat anak sudah menginjak usia 6 (enam) bulan orang tua perlu memperhatikan apakah anak memiliki ciri-ciri gigi bayi akan tumbuh. Perlu ibu dan ayah ketahui bersama pada usia 6 (enam) bulan gigi anak sudah memunculkan ciri-ciri gigi bayi akan tumbuh.

Ciri-Ciri Gigi Bayi Akan Tumbuh

  1. Anak Lebih Sering Rewel dan Nangis
    Ciri pertama gigi bayi akan tumbuh dengan memperhatikan kondisi anak anda. Apakah si kecil lebih sering rewel dan nangis dari biasanya. Untuk mengetahui hal tertentu ibu dan ayah perlu mengetahui kondisi anak anda karena setiap bayi memiliki karakternya masing-masing. Biasanya anak akan lebih sering rewel dan nangis saat gigi akan tumbuh terutama saat anak sedang menyusui. Pada anak mulai transisi melalui makan dan minum tidak hanya dengan susu asi ibunya melainkan ada makanan pendamping. Istilah lain biasa dikenal sebagai MPASI. Baca : pasta gigi anak yang tidak mengandung flouride.

  2. Badan Anak Demam
    Badan demam pada anak anda terutama saat gigi akan muncul sering terjadi. Demam pada anak merupakan respon tubuh. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan kompres pada anak. Namun jika dirasa demam anak terlalu tinggi anda bisa menggunakan obat pereda demam agar demam pada anak tidak terlalu parah. Perlu anda ketahui penggunaan obat pada anak dibawah usia 3 tahun perlu takaran sesuai dokter agar dosis yang diberikan tepat. Pastikan pula saat anak akan tumbuh gigi kondisi suhu tubuh tidak lebih dari 38 derajat celcius.

  3. Muncul Tanda Kemerahan Pada Gusi Anak
    Tanda kemerahan pada bagian gusi bisa menjadi tanda gigi anak anda akan muncul. Tanda kemerahan dapat dibedakan dengan cara perbedaan warna yang mencolok antara warna gusi disekitarnya yang menunjukkan merah muda. Selain itu apabila anak anda akan muncul gigi maka warna kemerahan akan nampak seperti ada benjolan kecil. Oleh karena itu akan membuat kondisi mulut anak anda tidak nyaman. Baca : bintil putih pada gusi bayi.

  4. Rasa Nyeri dan Gatal Pada Bagian Gigi yang Akan Tumbuh
    Rasa nyaman pada gigi anak yang akan tumbuh tentunya sulit ditemukan karena efek samping munculnya gigi pada anak menyebabkan rasa nyeri dan gatal. Cara terbaik untuk menenangkan anak anda agar merasa nyaman dengan cara menggunakan teether adalah alat perangsang gigi pada anak. Dengan menggunakan teether anak akan distimulir untuk mengigit dan anda pun bisa memberikan makanan pelengkap anak menggunakan teether agar anak merasa nyaman.

  5. Produksi Air Liur Meningkat
    Air liur berfungsi untuk melembabkan kondisi mulut dan membantu dalam proses pencernaan makanan agar lebih mudah dicerna pada proses pencernaan selanjutnya. Kemudian produksi air liur saat gigi anak akan tumbuh dapat meningkat karena adanya benda asing pada mulut anak dimana kondisi mulut anda tentunya tidak seperti biasa. Secara alamiah, air liur tentunya akan meningkat.

sumber: https://halogigi.com/