Apa benar permen karet xylitol efektif untuk perawatan gigi?

apa benar permen karet xylitol efektif untuk perawatan gigi?

Satu studi menunjukkan bahwa bakteri penyebab gigi berlubang bisa diwariskan dari orangtua ke anaknya yang baru lahir, sehingga tak mengherankan bahwa gigi busuk dan/atau berlubang merupakan satu masalah yang paling sering muncul pada anak-anak kecil.
Penelitian di Skandinavia melaporkan bahwa anak yang rutin sikat gigi dengan pasta gigi berfluorida yang juga mengandung xylitol selama 3 tahun mengalami penurunan risiko gigi berlubang pada gigi permanennya hingga 13 persen bila dibandingkan dengan pasta gigi biasa.
Namun bukti yang mendukung permen karet xylitol untuk menjaga kesehatan mulut dianggap kurang dari cukup. Para peneliti menemukan bahwa hanya ada sedikit atau tidak sama sekali ada bukti manfaat pemanis alami ini dalam mencegah kerusakan gigi yang ditemukan dalam produk lainnya, termasuk sirup, tablet hisap, dan permen karet bebas gula. Malah, konsumsi yang berlebihan dikaitkan dengan efek pencahar, yang bisa berujung diare jika dikonsumsi lebih dari 50 gram sehari.
Pada intinya, bukti manfaat xylitol baik untuk gigi masih belum pasti. Mungkin potensi efeknya terlihat menjanjikan pada pasta gigi anak, tapi belum tentu sama baik pada permen karet bebas gula. Untuk cara yang terjamin demi menjaga kesehatan gigi, dokter gigi menekankan pentingnya rutin menyikat gigi dua kali sehari, menyikat lidah, berkumur, dan flossing (benang gigi) setiap hari — di samping mengunyah permen karet bebas gula.