Apa bahaya penggunaan gigi palsu bagi kesehatan gigi?

1add

Gigi palsu adalah gigi tiruan yang dapat dilepas-pasang. Terbuat dari bahan plastik atau logam yang diproduksi khusus agar sesuai gigi dan gusi asli, gigi palsu dapat memberi efek tampilan yang alami.selain baik digunakan untuk dapat membantu proses pengunyahan makanan, gigi palsu juga memiliki dampak negatif.

  1. Menyebabkan iritasi
    Iritasi ini paling utama dapat disebabkan karena gigi palsu yang digunakan tidak steril, sehingga dapat menyebabkan kuman serta bakteri lainnya masuk dan juga menempel pada bagian gusi.
  2. Bisa tertelan
    Bahaya lainnya yang menghantui para pengguna gigi palsu adalah bahaya tertelan. Ya, gigi palsu, yang dibuat secara lepasan aliat satuan untuk menutupi satu per satu lubang pada gigi bisa memiliki resiko dan tingkat tertelan yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena proses pemasangan yang tidak tepat dan juga tidak benar.
  3. Menyebabkan rasa nyeri dan sakit
    Penggunaan gigi palsu memiliki bahaya yang hampir mirip dengan bahaya behel lepas pasang alias kawat gigi. Penggunaan gigi palsu dapat menyebabakan munculnya rasa sakit dan juga nyeri yang luar biasa pada penggunanya, terutama ketika pada awal-awal masa menggunakan gigi palsu. Rasa sakit ini dapat menyebabkan iritasi, seperti sariawan.
  4. Mudah terlepas
    Masih dari proses pemasangan gigi palsu yang kurang baik, resiko dan bahaya lainnya dari penggunaan gigi palsu adalah gigi palsu yang mudah terlepas. Biasanya, gigi palsu yang mudah terlepas ini terjadi karena daya rekat dan juga pemasangan dari gigi palsu itu sendiri kurang baik.
  5. Mempengaruhi proses prngunyahan makanan
    Selain itu, gigi palsu yang mudah lepas juga mempengaruhi proses pengunyahan. Dimana proses pengunyahan pada gigi palsu yang terlepas menjadi tidak maksimal, yang akan memicu organ pencernaan bekerja lebih keras lagi dalam mencerna makanan.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/bahaya-gigi-palsu