Apa bahaya penggunaan behel jika hanya untuk bergaya?

Behel gigi (dental braces) atau kadang disebut kawat gigi ialah semacam alat yang digunakan untuk meratakan gigi, biasa digunakan pada susunan gigi yang tidak rapi. Ada berbagai tujuan pemasangan behel gigi, diantaranya untuk mengatasi masalah pada gigi atau sendi pada rahang, untuk mengembalikan fungsi gigi, dan ada pula yang bertujuan sebagai etetika atau mengikuti gaya hidup.

Pada jaman sekarang ini, kebanyakan orang memandang bahwa behel gigi menunjukkan tingkat status sosial seseorang. Sebab memasang behel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di Indonesia biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan behel gigi bisa mencapai belasan juta rupiah tergantung permasalahan dan kondisi rahang. Perlu diketahui bahwa bagi yang belum mempunyai pengalaman tentang behel, alangkah baiknya memahami tips awal memakai behel terlebih dahulu ya sobat.

Berikut bahaya penggunaan behel hanya untuk gaya

  1. Kualitas Behel Gigi
    Bahaya penggunaan behel hanya untuk gaya yang pertama ialah tidak terjaminnya kesehatan jika kualitas behel belum jelas. Dengan mahalnya biaya pemasangan dan perawatan behel gigi, banyak orang mencari tempat pemasangan yang tidak berada di bawah pengawasan dokter gigi langsung, yaitu di tukang gigi atau di klinik biasa yang petugas pemasangnya belum memiliki sertifikasi atau kompetensi, hal ini terutama sering dilakukan oleh orang orang yang mungkin belum memiliki penghasilan sendiri atau yang belum mampu membeli dengan penghasilannya tetapi merasa tidak puas jika tidak menuruti keinginannya untuk bergaya.

  2. Merusak Posisi Gigi
    Bahaya penggunaan behel hanya untuk gaya yang kedua ialah bisa merusak posisi gigi. Behel gigi mampu merapikan gigi yang berjejal bagi yang memasang dengan tujuan merapikan susunan gigi, tetapi jika dipasang pada gigi yang sudah bagus dan tidak terdapat masalah kesehatan di dalamnya, hal itu justru akan mengubah susunan alami dari gigi dan merusak posisi gigi. Mengingat pentingnya menggosok gigi sendiri, justru dengan adanya behel malah akan menyusahkan proses penggosokan gigi.

  3. Mengganggu Fungsi Pengunyahan dan Berbicara
    Bahaya penggunaan behel hanya untuk gaya yang ketiga ialah mengganggu fungsi fisik mulut. Yang sebelumnya bertujuan sebagai cara merapikan gigi tonggos dengan cepat malah justru pada akhirnya menjadi merugikan bagi anda sendiri.

  4. Bercak Hitam (Stain), Gusi Berdarah, dan Gigi Goyang
    efek samping gigi behel bisa menimbulkan berbagai masalah pada gigi anda. Behel gigi dalam jangka pendek akan menimbulkan bercak hitam akibat sisa makanan pada celah gigi, apalagi jika tidak maksimal dalam perawatan dan kebersihannya.

  5. Resiko Berbagai Penyakit Gigi Dan Mulut
    Behel gigi dipasang untuk mencegah berbagai kerusakan dan penyakit di sekitar gigi dan mulut akibat susunan atau kondisi gigi yang tidak normal.

sumber: https://halogigi.com/