Apa bahaya memiliki kebiasaan mengertakan gigi?

Kebiasaan menggertakkan gigi selama ini jarang didengar atau jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang. Umumnya orang menganggap bahwa hal tersebut bukanlah masalah atau sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Menggertakkan gigi kadang dilakukan ketika dalam kondisi tidur, secara tidak sadar. Ada pula yang melakukannya ketika sedang merasa ketakutan atau ketika cuaca sangat dingin. Padahal kebiasaan tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.
aq

Untuk mengetahui lebih lanjut, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bahaya kebiasaan menggertakkan gigi bagi kesehatan yang wajib anda ketahui sebagai wawasan tambahan untuk anda agar tidak melanjutkan kebiasaan tersebut. Yuk langsung saja kita simak uraiannya :

  1. Kelainan Dagu
    Bahaya kebiasaan menggertakkan gigi yang pertama ialah perubahan posisi rahang atas dan rahang bawah, karena sering menekan satu sama lain, posisinya menjadi tidak simetris sebagaimana rahang normal pada umumnya. Nah posisi yang berubah ini akan mengubah bentuk fisik.

  2. Sakit Kepala
    Gigi dan area mulut tidak berdiri atau bekerja sendiri, gigi berhubungan dengan bagian syaraf di kepala. Bahaya kebiasaan menggertakan gigi bukan hanya menimbulkan tekanan pada bagian gigi, mulut, dan rahang, tetapi juga sampai pada bagian kepala. sakit gigi sampai ke kepala dan mata akan anda rasakan dalam jangka waktu tertentu.

  3. Menambah Rasa Stres
    Ketika sedang berada dalam masalah dan ditambah dengan menggertakkan gigi, hal tersebut tidaklah meringankan atau mengurangi beban, justru akan meningkatkan rasa emosi, ketakutan, dan marah yang dirasakan dengan begitu cepat mengalami perubahan.

  4. Kelainan Tidur
    Bahaya sering menggertakkan gigi ialah timbul sleep apnea yaitu gangguan serius pada pernafasan yang terjadi saat tidur dimana saluran terhambat karena dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit. Ngeri juga ya sobat dampaknya.

  5. Sakit Telinga
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa syaraf atau jaringan yang bekerja di area gigi berhubungan satu sama lain dengan area mulut dan kepala. Rahang terletak dekat dengan bagian telinga, ketika mengertakkan gigi, tekanan akan terasa hingga rahang dan telinga bagian bawah. sakit gigi disertai sakit pada telinga memang akan sering anda rasakan jika kebiasaan buruk tersebut tidak segera anda tinggalkan.

sumber: https://halogigi.com