Apa akibat gangguan pulpitis pada gigi?

06-BERBAGI 10

Gangguan pulpitis ini biasa diakibatkan oleh peradangan pulpa gigi dan hasil yang ditimbulkan adalah rasa nyeri. lalu apa akibat dari gangguan pulpitis pada gigi?

Pulpa sendiri menjadi bagian gigi terdalam, sehingga dampak gangguan pulparitis sangat cepat, hal ini dikarenakan mengandung saraf dan pembuluh darah. Sebenarnya bagaimana gangguan pulpitis yang terjadi pada gigi? Simak ulasannya Moms.

Pulpitis Menimbulkan Gangguan Radang Pulpa
Disebut gangguan radang pulpa gigi karena menimbulkan efek nyeri yang dahsyat. Penyebabnya juga paling sering ditemukan adanya pembusukan gigi. Oleh karenanya Anda harus berhati-hati dalam menjaga gigi bagian terdalam, jika tidak mau bahaya pada gigi terjadi, Moms.

Awal mula ini terjadi, karena pulpa yang terbungkus dalam dinding gigi yang keras tidak memiliki ruang yang cukup, sehingga terjadi membengkak. Peradangan inilah yang membuat peningkatan tekanan di dalam gigi, maka inilah yang dinamakan gangguan pulpitis.

Banyak pula gejala peradangan pulpa ketika pulpitis mengganggu saraf pada gigi Anda, lho. Peradangan yang ringan bisa saja diatasi, dan tidak akan menimbulkan kerusakan gigi yang permanen. Namun, saat peradangan yang berat ini meningkatkan pulpa dalam kondisi rusak/mati. Karena tingkat tekanan di dalam gigi yang mendorong pulpa hingga ujung akar, sampai melukai tulang rahang dan jaringan di sekitarnya.

Mulailah mengetahui diagnosa sendiri sebelum terjadi hal yang buruk, Moms. Untuk menentukan adanya gangguan pulpitis atau tidak. Pertama, lakukan rangsangan pada gigi dengan es atau air dingin, jika pada rangsangan itu gigi Anda tidak nyeri, dipastikan keadaan pulpa masih aman. Kedua, menepuk gigi pada sebuah alat sama seperti rangsangan dingin, jika pada tepukan menyebabkan nyeri berarti peradangan telah menyebar ke jaringan sekitarnya.

Inilah yang akan terjadi sakit gigi yang luar biasa, karena pulpitis bisa menjangkit saraf pada pulpa sampai ke ujung akarnya. Moms, jika terjadi gejala seperti ini, tak perlu ragu periksa keadaan gigi Anda mulai sekarang, karena bisa jadi pulpitis sedang mengganggu pulpa di gigi Anda.