Amankah mencabut gigi saat hamil?

gigi geraham

Pada ibu hamil, perubahan hormon kehamilan dapat membuat ibu lebih rentan infeksi dan mengalami kerusakan gigi. Jika memang kondisi gigi sudah parah, mau tak mau harus dicabut. Pertanyaannya, amankah mencabut gigi saat hamil?

Saat dilakukan prosedur cabut gigi, Anda harus dibius lokal untuk mengurangi rasa sakit. Salah satu jenis obat bius yang digunakan dalam prosedur cabut gigi adalah jenis lidocaine yang dapat diserap plasenta. Namun Anda tidak perlu khawatir, obat bius ini termasuk aman bagi ibu dan janin.

Saat akan mencabut gigi, Anda sebaiknya memberi tahu dokter gigi Anda mengenai kondisi kehamilan Anda. Hal ini terkait dengan jenis dan dosis obat bius yang digunakan serta obat pereda nyeri setelah cabut gigi bila diperlukan.

Para ahli menyarankan untuk melakukan cabut gigi ketika usia kehamilan memasuki usia trimester kedua. Hal ini disebabkan organ-organ pada janin sudah berkembang dengan cukup baik. Melakukan cabut gigi pada awal kehamilan berisiko memengaruhi perkembangan janin.

Namun jika cabut gigi terpaksa dilakukan di trimester ketiga, Anda perlu mempertimbangkan posisi berbaring saat dilakukan prosedur tersebut. Gunakan tambahan bantal jika diperlukan agar Anda nyaman saat dilakukan tindakan cabut gigi.

Sumber: http://doktersehat.com/bolehkah-melakukan-cabut-gigi-saat-hamil/