Adakah sebab gigi berubah posisi selain karena bruxism?

Gigi Anda mengalami beberapa perubahan. Perubahan posisi, misalnya. Keadaan ini sering kali tidak Anda sadari, namun meski perubahan ini dapat membuat gigi tetap rapi, tapi juga bisa justru membuat gigi terlihat lebih berantakan. Kerapian gigi tentu dapat mempengaruhi penampilan Anda, bukan? Apa saja yang menjadi penyebab posisi gigi berubah?

Selain karena adanya tekanan antar gigi, posisi gigi berubah juga dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti:

  1. Usia
    Menurut seorang ahli gigi New York, Steven E. Roth, seperti yang dilansir dari New Beauty, semakin tua usia seseorang, lapisan terluar gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi akan semakin mudah rusak.
    Seiring dengan gigi bawah yang akan mendapatkan tekanan dari gigi atas tiap kali kedua bagian gigi tersebut bertemu, gigi bagian bawah sejatinya memang lebih cepat rusak dibandingkan dengan gigi atas. Rusaknya gigi ini lalu memperbesar peluang terjadinya perubahan posisi pada gigi.
  2. Berkurangnya jumlah gigi
    Saat satu gigi copot, gigi-gigi di sekitarnya akan berusaha untuk mengisi kekosongan posisi tersebut dengan cara bergeser.
  3. Pembusukan gigi
    Pembusukan pada gigi yang tak segera ditangani, dapat menyebar ke bagian gigi yang lain, termasuk ke bagian tulang yang berperan dalam mempertahankan posisi gigi pada tempatnya. Rusaknya bagian tulang ini tentu akan memperlonggar kekokohan gigi, sehingga gigi lebih mudah berubah posisi.