Adakah penjelasan kesurupan dalam ilmu psikologi?

Kesurupan

Kesurupan dipercaya terjadi karena tubuh seseorang telah dirasuki oleh roh atau hantu. Bahkan terkadang fenomena tersebut bisa menyebar hingga terjadi kesurupan masal.

Menurut Youdict, benar kah begitu?

Adakah penjelasan lain tentang fenomena kesurupan secara ilmiah entah dari ilmu medis maupun psikologi?

Kesurupan dalam ilmu psikologi merupakan gangguan kesadaran yang disebut sebagai Dissociative Identity Disorder atau gangguan identitas disosiatif. Simptom yang ditunjukan adalah adanya perubahan atau kehilangan identitas pribadi dan kehilangan kesadaran akan lingkungannya. Perubahan identitas dan kesadaran ini dibarengi dengan perubahan pada perilaku, memori dan cara berpikir. Individu yang mengalami dissociative identity disorder ini juga mungkin akan mengalami pengalaman “menjadi roh yang keluar dari tubuhnya”, seakan-akan ia bisa melihat tubuhnya dari jauh.

Summary

https://www.google.com/amp/s/pijarpsikologi.org/kesurupan-dari-sudut-pandang-psikologi/amp/

Untuk dari segi medis, kesurupan biasa disebut sebagai Posession Trance Disorder. Trance and possession disorder merupakan kategori diagnostik baru dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders-IV (DSM-IV). DSM sendiri merupakan standar klasifikasi gangguan mental yang dipergunakan oleh para profesional kesehatan mental di Amerika Serikat.

Dalam DSM-IV, possession trance disorder termasuk dalam kategori dissociative disorder alias gangguan disosiatif. Gangguan disosiatif adalah hilangnya sebagian atau seluruh integrasi antara kenangan masa lalu, kesadaran identitas, dan sensasi serta kontrol dari gerakan tubuh. Ini berarti bahwa possession trance disorder dapat diklasifikasikan sebagai salah satu bentuk dari gangguan mental terkait perubahan identitas diri.

Jika diartikan secara terpisah, trance didefinisikan sebagai keadaan mental di mana individu tidak memiliki kesadaran atas mental dan/atau lingkungannya dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan possession disorder merupakan sebuah istilah dari pengalaman yang terjadi dalam masyarakat atau istilah yang menggambarkan pengaruh dari agen kekal (Cardena, 1992).

Berdasarkan WHO dalam ICD 10 versi 2008, possession trance disorder adalah gangguan di mana terjadi kehilangan sementara identitas pribadi dan kesadaran penuh dari lingkungan. Termasuk di sini kondisi kesurupan yang disengaja atau yang tidak disengaja, terjadi di luar situasi keagamaan atau penerimaan budaya. Hal ini berarti kesurupan bukan terjadi karena suatu kepercayaan agama atau budaya, melainkan lebih kepada faktor mental seseorang.

Referensi :
Yuk, Pahami Fenomena Kesurupan dalam Ilmu Medis!