Adakah kaitan antara kesehatan gusi dengan penyakit jantung?

adakah kaitan antara kesehatan gusi dengan penyakit jantung?

Ada banyak tumpang tindih antara faktor risiko penyakit gusi dan penyakit jantung - termasuk faktor gaya hidup, pola makan yang buruk, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang tinggi.
Tapi ada juga sebuah keterkaitan antara kedua penyakit ini - yaitu jika Anda memilikinya, Anda cenderung memiliki yang lain.

“Orang-orang yang memiliki penyakit gusi memiliki risiko dua kali lebih besar untuk terkena penyakit jantung daripada orang-orang yang tidak menderita penyakit gusi,” kata Profesor Michael Skilton, ahli kesehatan kardiovaskular di University of Sydney.

“Yang tidak kita ketahui dengan jelas adalah apakah itu suatu hubungan sebab akibat … ada alasan untuk mempercayainya.”
Ada dua mekanisme dimana dokter menganggap penyakit gusi bisa menyebabkan penyakit jantung.

Pertama, saat gusi Anda meradang, diperkirakan molekul peradangan yang menyebabkan kemerahan dan bengkak bisa lepas ke bagian lain dari tubuh Anda. Mereka kemudian dapat mengagitasi peradangan di arteri Anda, berperan dalam pengembangan lebih lanjut deposit lemak yang melapisi dinding arteri.

Mekanisme kedua, adalah bakteri yang menyebabkan penyakit gusi bisa masuk ke aliran darah setiap kali gusi Anda berdarah. Bakteri semacam itu diperkirakan bisa mempromosikan plak lemak yang bisa masuk ke arteri di sekitar jantung Anda dan membantu menyebabkan penyakit jantung.

Profesor Darby menunjukkan bahwa walaupun ada kaitannya, dampak penyakit gusi pada tingkat penyakit jantung secara keseluruhan mungkin kecil.

Sejumlah besar faktor dapat mempengaruhi perkembangan penyakit jantung, dan sementara penyakit gusi bisa menjadi salah satunya, itu tidak akan menjadi faktor utama pada mayoritas orang, katanya.